Nama sekolah ; SMA Al Azhar 3
Mapel. ; Sejarah kelas x
Kompetensi
Penjabaran model kompetensi yang selanjutnya dikembangkan pada kompetensi
guru bidang studi yang lebih spesifik. Dalam pembelajaran 2 ini, kompetensi guru
bidang studi yang akan dicapai adalah guru PPPK mampu menjelaskan
kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Hindu Budha dan Islam.
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Dalam rangka mencapai komptensi guru bidang studi, maka dikembangkanlah
indikator - indikator yang sesuai dengan tuntutan kompetensi guru bidang
studi.Indikator pencapaian komptensi yang akan dicapai dalam pembelajaran
adalah:
2.1. Menjelaskan proses masuk dan berkembangnya Hindu Budha
keIndonesia.
2.2. Menjelaskan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu Budha di Indonesia
2.3. Menjelaskan pengaruh Hindu-Budha pada kehidupan masyarakat
Indonesia.
2.4. Menjelaskan proses masuk dan berkembangnya Islam keIndonesia.
2.5. Menjelaskan kerajaan bercorak Islam di Indonesia.
2.6. Menjelaskan pengaruh Islam pada kehidupan masyarakat Indonesia.
C. Uraian Materi
1. Proses Masuk dan Berkembangnya Hindu Budha ke Indonesia
Beberapa alternatif hipotesa masuknya pengaruh Hindu Budha ke Indonesia,
terdapat lima teori besar, yakni:
a.
Teori Brahmana
Teori Brahmana adalah teori yang menyatakan bahwa masuknya Hindu Budha
ke Indonesia dibawa oleh para Brahmana atau golongan pemuka agama di India.
Teori ini didukung dengan adanya bukti bahwa terdapat perkampungan India
diMalaysia dan pantai Timur Sumatera (populer dengan nama Kampung Keling)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus