Assalamualaikum
wr.wb anak shaleh dan shalehah, semoga pagi ini kita senantiasa sehat selalu.
Harap
dibaca terlebih dahulu ya anak-anak materi kita hari ini.
Sumono,
S.Pd.
Nama Sekolah : SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung
Kelas / Semester : X / Ganjil
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Materi Pokok : Kerajaan Hindu-Buddha
Alokasi Waktu : 3x2 JP (6x45 menit)
HOTS (High Order Thinking Skills)
A. Pilihan
Ganda
1. Dibawah
ini beberapa kelompok kerajaan yang bercorak Hindu adalah…
A. Majapahit,
Kutai, dan Kalingga
B. Sriwijaya,
Pajajaran, dan Majapahit
C. Sriwijaya,
Tarumanegara, dan Kutai
D. Kutai,
Pajajaran, dan Mataram Kuno
E. Kutai,
Tarumanegara, dan Mataram Kuno
2. Agama
Hindu yang berkembang di Kerajaan Kutai telah berakulturasi dengan budaya
lokal. Adanya akulturasi ini terlihat dari…
A. Penggunaan
nama-nama Hindu untuk menggantikan nama asli Indonesia
B. Penyelenggraaan
upacara vratyastoma untuk memeluk
agama Hindu
C. Penerapan
kasta brahmana dan kesatria dalam masyarakat Kutai
D. Pembangunan
tempat suci agama Hindu bernama Waprakeswara
E. Keberadaan
yupa pada setiap upacara kurban keagamaan
3. Agama
yang berkembang pesat di Kerajaan Kalingga adalah…
A. Buddha
Tantrayana
B. Buddha
Mahayana
C. Buddha
Hinayana
D. Hindu
Syiwa
E. Hindu
Wisnu
4. Tepi
Sungai Mahakam dipilih sebagai pusat Kerajaan Kutai karena…
A. Sungai
Mahakam memiliki potensi alam yang menjanjikan
B. Masyarakat
Kutai bermukim di tepi Sungai Mahakam
C. Sungai
Mahakam merupakan Sungai suci bagi masyarakat Kutai
D. Sungai
Mahakam menjadi salah satu jalur pelayaran Internasional
E. Aktivitas
perdagangan masyarakat Kutai berlangsung di Sungai Mahakam
5. Usaha
Ken Arok untuk mendirikan Kerajaan Singasari diceritakan dalam kitab…
A.
Sutasoma
B.
Pararaton
C.
Lubdhaka
D.
Bharatayuda
E. Negarakertagama
6. Perhatikan
wilayah di bawah ini!
1) Surabaya
2) Rembang
3) Pasuruan
4) Kediri
5) Madiun
6) Daha
Wilayah
kekuasaan Kerajaan Panjalu ditunjukkan oleh nomor…
A. 1),
2), dan 3)
B. 1),
3), dan 4)
C. 2),
3), dan 4)
D. 3),
4) dan 5)
E. 4),
5) dan 6)
7. Beberapa
ahli telah mencetuskan teori yang menjelaskan proses masuk dan berkembangnya
Hindu-Budha di Indonesia, salah satunya teori Sudra. Teori Sudra tentang proses
masuknya Hindu ke Indonesia memiliki kelemahan, yaitu…
A. Tidak
ada bukti prndukung teori tersebut
B. Kaum
Sudra orang yang sangat miskin
C. Tidak
ada satu pun kitab yang menyebutnya
D. Indonesia
terlalu jauh untuk dijangkau
E. Sulitnya
komunikasi dalam bahasa Sansekerta
8. Agama
Buddha aliran Mahayana mempunyai
banyak pengikut karena dipengaruhi faktor…
A. Penyebaran
yang mudah dan tidak memaksa pemeluk agama
B. Syarat
masuk aliran Mahayana tidak
memerlukan biaya
C. Berhubungan
langsung dengan objek sejarah dalam agama Buddha
D. Aliran
Mahayana disebarkan secara menyeluruh
dalam setiap lapisan masyarakat.
E. Aliran
Mahayana bersifat terbuka dan
mengajarkan untuk saling tolong-menolong untuk mencapai nirwana
9. Kehidupan
perekonomian Kerajaaan Mataram Kuno bertumpu pada sector pertanian karena…
A. Raja
Mataram kurang menaruh perhatian pada perkembangan sector perdaganngan
B. Mataram
memiliki wilayah yang sulit dijangkau oleh pelayaran maritime
C. Bhumi
Mataram terletak di wilayah pedalaman Jawa Tengan
D. Bhumi
Mataram memiliki kondisi tanah yang subur
E. Aktivitas
perdagangan di Mataram sulit dilakukan
10. Dinasti
Warmadewa di Buleleng mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan…
A. Sri
Kesari Warmadewa
B. Udayana
Warmadewa
C. Marakatapangkaja
D. Anak
Wungsu
E. Sri
Ugrasena