Nama sekolah : SMA Al azhar 3
Nama Guru bid studi : Sumono
Mapel : Sejarah
Materi : Pembahasan soal UTS
Assallamualaikum wr wb
anak anak ku yang sholeh dan sholeha sebelurm kita belajar pada pagi ini bapak harapakan kalian sudah melaksanakan sholat dhuha terlebih dahulu.
pada kesempatan pagi ini kita akan membahas tentang soal US silah kan ditanyakan bila ada soal yg sulit dan belum dimengerti melalui wa group
Petunjuk
Umum
- Tuliskan nama dan nomor tes anda pada lembar jawaban yang
tersedia
- Kerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu
- Laporkan pada pengawas jika
terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang
- Periksalah lembar jawaban sebelum diserahkan kepada pengawas
Petunjuk Khusus
- Pilihlah salah satu jawaban yang
paling tepat pada salah satu huruf A, B, C, D atau E di lembar jawaban .
- Untuk membetulkan jawaban,
hapuslah jawaban kemudian pilihlah jawaban yang benar.
S0AL PILIHAN GANDA
1.
Berbagai definisi sejarah secara etimologi dari History, Historia banyak memiliki
penafsiran yang berbeda, sedangkan dari
bahasa Arab yaitu Syajarotun yang
berarti Pohon. Pohon digunakan untuk melukiskan jika dikaitkan dengan Sejarah
dapatdi simpulkan:
A.
Sejarah sebagai kisah dapat memberi contoh atau teladan
bagi manusia dalam berfikir dan bertindak.
B.
Kehidupan manusia terus bergerak dan berkembng seiring
perjalanan waktu di tempat manusia
berada
C.
Cerita bertarikh sebagai hasil penafsiran tentang
kejadian dalam kehidupan manusia yang sifatnya turun temurun
D.
Kehidupan manusia yang selalu berinteraksi dengan alam,
dan kebudayaan untuk melahirkan sesuatu yang baru.
E.
Berkembang kearah depan dengan tujuan pasti dengan
bercermin dari masa lalu untuk perbaikan masa yang akan datang
2.
Manusia selalu berkembang karena pada dasarnya manusia
memiliki cipta rasa dan karsa, dengan demikian manusia mampu untuk berinteraksi
dimanapun berada. Unsur sejarah yang meliputi unsur intuisi, imajinasi, dan
emosi merupakan ruang lingkup sejarah dalam ….
A.
Sejarah sebagai ilmu
B.
Sejarah sebagai kisah
C.
Ciri-ciri ilmu sejarah
D.
Sejarah sebagai seni
E Sejarah sebagai peristiwa
3.
Perjalanan sejarah
masuknya Jepang tahun 1942 hingga tahun 1945 kita
dapatmerinci rentang waktu untuk merinci yang terjadi, karena dengan
batasan yang jelas itu kita akan mampu melintasi dan melampaui dengan berpikir
secara urut. Sesuatu yang melintas
melalui atau melampaui batas waktu
merupakan pengertian dari....
A.
Kronik
B.
Sinkronik
C.
Kronologi
D.
Anakronik
E.
Diakronik
4.
Proklamasi
pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah peristiwa bersejarah dan penting bagi
bangsa Indonesia. Peristiwa itu terjadi di Jalan Pegangsaan Timur No.
56 yang dihadiri oleh sekitar 500 orang dari berbagai kalangan dengan membawa berbagai apapun yang digunakan sebagai senjata. Meskipun Jepang
sudah dikalahkan oleh sekutu, bala tentara Dai Nippon (Jepang) masih berada di
Jakarta. Namun suasana di Jakarta masih kondusif.
Deskripsi peristiwa sejarah
tersebut menunjukkan konsep berpikir sinkronik dalam sejarah karena ....
A. Deskripsi peristiwa
tersebut dijelaskan dengan menguraikan aspek sosial dan politik
B. Penelusuran
peristiwa pada masa lalu diurutkan dengan kesesuaian waktu terjadinya peristiwa
C. Terjadi
perubahan yang mendorong simpati dari
mayoritas bangsa Indonesia untuk melaksanakan proklamasi
D. Peristiwa
tersebut berkelanjutan untuk mengobarkan semangat nasionalisme semua rakyat
Indonesia
E. Peristiwa
tersebut menunjukkan adanya fakta sejarah yang dapat dijadikan sumber sejarah
5.
Segala sesuatu yang berkaitan dengan peristiwa yang
terjadi pada suatu masa dengan mengkaji pola-pola, gejala dan karakteristik
dari sebuah peristiwa itu merupakan konsep berpikir sinkronik. Konsepsinkroniklebihseringdigunakandalamilmu-ilmu sosial karena …
A. Tidakdigunakanuntukanalisissejarah
B. Berkaitandenganteori ilmuilmusejarah
C. Mengkajipoladansrukturmasyarakat
D. Tidakmengutamakandimensiwaktu
E.
Berhubungandengankehidupanmasakini
6. perhatikan table berikut.
X |
Y |
1.
Lingkunganfisik |
1..peperangan |
2.
Bertambahatauberkurangnyapenduduk |
2..pertentangan
dalam masyarakat |
3.
Penemuan-penemun baru |
3..pengaruh
kebudayaan Asing |
Faktor internal
penyebabperubahanditunjukkanoleh ....
A. X1,X2, dan Y1
B. X2,X3 dan Y2
C. X1,X2 dan,Y3
D. X2,X3,dan Y2
E.
X2,X3,dan Y3
Gambar
tersebut menunjukkan corak kehidupan masyarakat
praaksara yaitu masa ....
A. Meramu dan
berburu yang berfungsi untuk menusuk binatang
B. Mengumpulkan
makanan yang berfungsi untuk perhiasan
C. Bercocok tanam
yang berfungsi untuk memotong makanan
D. Perundagian
yang berfungsi sebagai senjata tradisional
E. Beternak yang
berfungsi untuk memotong binatang
8.
Banyak teori yang menyebutkan bahwa masuknya Hindu-budha
ke Indonesia dengan berbagai cara. Menurut J.C Van Leur agama Hindu-Budhamasukke Indonesia
dibawaoleh kaum Brahmana, dengancara ....
A. Mendirikankerajaan-kerajaan Hindu Budha
B. Menaklukandaerah-daerahbaru di Indonesia
C. Menghadiahkankitabwedakepadapara
raja
D. Menetapdanmenikahdenganpenduduk
local
E.
Menyebarkandanmengajarkan kitab
9.
Penyebaran Islam di Indonesia dibawa oleh para pedagang,
sebelum kembali ke daerahnya sambil menunggu angin musim mereka menetap di
Indonesia dengan mendirikan perkampungan
musli yang disebut Pekojan. Pada awal perkembangan Islam di Indonesia para
pedagang muslim timur Tengah melakukan
perkawinan dengan bangsawan lokal. Dampak
perkawinan tersebut adalah.....
A.
Banyak keluarga kerajaan yang masuk Islam dan melahirkan
generasi muslim baru
B.
Banyak bangsawan lokal melakukan migrasi kenegara-negara
timur tengah
C.
Terjdinya konsesi
dagang yang merugikan para penguasa lokal
D. Para enguasa
lokal mendapatkan keuntungan ekonomis
E.
Banyak pedagang timur tengah menetap di Indonesia
10. Pada masa
praaksara tingkat lanjut hasil-hasil budaya nenek moyang kita semakin kaya
dengan munculnya hasil budaya yang bersifat ....
A.
Kepercayaan animisme dan dinamisme
B.
Non fisik (abstrak) dan fisik
C.
Monoteisme dan polyteisme
D. Mitologi dan
taologi
E.
Tahayul dan magis
A. Serangan dari pasukan Islam di bawah pimpinan Raden Patah
B. Perang saudara (Paregreg) melemahkan kekuatan kerajaan Majapahit
C. Kelemahan pemerintah pusat dan kemunduran ekonomi Majapahit
D. Tidak ada pembentukan pimpinan baru di Majapahit setelah Gajah Mada
E. Daerah-daerah bawahan banyak melepaskan diri kerajaan
Majapahit
12. Dewa raja adalah
konsep Hindu-Buddha yang memuja dan menganggap raja memiliki sifat kedewaan. Konsep
ini terkait dengan sistem monarki yang menganggap raja memiliki sifat ilahiah,
secara politik gagasan ini merupakan praktik ....
A.
Sebagai penguasa raja memiliki wewenang yang penuh terhadap seluruh tanah
di wilayah kerajaannya
B.
Sebagai suatu upaya pengesahan atau justifikasi kekuasaan
raja dengan alasan keagamaan
C.
Sistem pemerintahan kerajaan masa lalu yang didasari
praktik kedinastian para bangsawan yang turun temurun
D.
Sistem pemerintahan yang didasari monarki absolut dengan
raja sebagai simbol kekuatan sosial politik
E.
Sebagai suatu upaya legalitas absolutisme diktator dengan
tingkatan status sosial yang tinggi diantara masyarakat
13. Cermati gambar
di bawah ini!
Gambar tersebut merupakan peninggalan masa praaksara yang
berakulturasi pada masa
Hindu-Buddha, yang berfungsi ....
A.
Sebagai simbul yang melambangkan tanah subur
B.
Sebagai balai pertemuan antara raja dengan rakyatnya
C.
Sebagai dasarrekontrusi pembangunan candi Borobudur
D.
Sebagai tempat untuk pemujaan arwah nenek moyang
E.
Sebagai tempat perlindungan/pertahanan dari musuh
14. Masuknya agama
Islam di Indonesia sangat mudah dan diterima oleh masyarakat dengan baik,
karena mampu memasuki berbagai unsur kehidupan masyarakat dengan tidak
meninggalkan budaya lama, bisa melalui pagelaran, kidung dan nyanyian. Yang
bukan temasuk saluran penyebaran agama Islam dalam bentuk seni di Indonesia
adalah ....
A.
Wayang
B.
Gending
C.
Pustaha
D.
Gamelan
E.
Hikayat
15. Bangsa Portugis
pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1512 di bawah pimpinan ekpedisi
Alfonso de Albuquerque setelah sebelumnya menaklukkan Malaka. Selanjutnya
Portugis mengadakan perjanjian dagang dengan kerajaan Sunda (Pajajaran) pada
tahun 1522, berdasarkan perjanjian tersebut Portugis dapat melakukan ....
A.
Memonopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku dan Sunda
Kelapa
B.
Pembangunan benteng dan gudang di Sunda Kelapa
C.
Pemungutan pajak atas perdagangan di Sunda Kelapa
D.
Mendirikan serikat perdagangan di Sunda Kelapa
E.
Penyebaran agama Kristen di Sunda Kelapa
16. Di bawah ini
merupakan kegiatan kebijakan yang dilakukan masa pemerintahan Raffles di
Indonesia yaitu ....
A.
Adanya Pemungutan pajak atas sewa tanah
B.
Memperkuat posisi Inggris dalam bersaing dengan negara
lain
C.
Menghindari persaingan antar pemilik tanah dan pemilik
modal usaha
D.
Memonopoli perdagangan rempah-rempah di Nusantara untuk
kas Inggris
E.
Membantu pemerintah Belanda mengembalikan kekuasaanya
setelah dikuasai Perancis.
17. Kedatangan
Jepang awalnya disambut baik oleh para tokoh nasional dan rakyat Indonesia, hal
ini disebabkan karena adanya rasa optimisme bahwa kedatangan Jepang akan
membawa kemerdekaan bagi Indonesia. Rasa optimisme tersebut dilandasi oleh ....
A.
Bantuan rakyat Indonesia secara penuh dalam membantu
Jepang memenangkan perang di Asia
B.
Janji Jepang jika perang Pasifik dimenangkan oleh Jepang
semua bangsa Asia akan merdeka
C.
Kemampuan Jepang disetiap medan pertempuran dapat
diandalkan karena Harakirienya
D.
Jepang membentuk pasukan-pasukan bela tanah air yang
menjadi cikal bakal TNI
E.
Dikuasainya Indonesia oleh Jepang menjadikan rakyat
semakin makmur
A. Rakyat Indonesia belum mampu menggunakan
senjata modern
B. Pada masa itu perlawanan sangat bergantung
pada satu pemimpin
C. Perlawanan rakyat tidak dipimpin tokoh yang
ahli dalam perang
D. Banyak pasukan yang melakukan pengkhianatan
terhadap raja
E. Strategi perlawanan tidak tersusun dengan
baik di bawah komando
19.
Salah satu sebab khusus
terjadinya perang diponegoro adalah pangeran diponegoro tersingkir dari elite
kekuasaan karena….
A.
Pemerintah kolonial ingin mengajak kerja sama pangeran
diponegoro
B.
Menolak berkompromi dengan pemerintah colonial
C.
Pangeran diponegoro dibelit berbagai bentuk pajak
D.
Pangeran diponegoro ingin mengasingkan diri
E.
Pangeran diponegoro ingin menjadi raja
20.
Perhatikan nama berikut !
1.
Sultan Hasanudin
2.
Tuanku Tambusai
3.
Tuanku Nan Cerdik
4.
Tuanku Imam Bonjol
5.
Pangeran Diponegoro
Pemimpin Perlawanan dalam
Perang Padri ditunjukan pada nomor
....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 3, dan 4
E. 3, 4 dan 5
21. Raffles sebagai penguasa Inggris di Hindia melakukan
langkah-langkah untuk memperluas kedudukannya di tanah jajahan seperti dalam
bidang ekonomi. Ia
ingin memperbaiki tanah jajahan, termasuk ingin meningkatkan kemakmuran rakyat.
Dalam pelaksanaan di lapangan menghadapi
berbagai kendala. Budaya dan kebiasaan petani sulit diubah, pengawas pemerintah
kurang, dominasi orang-orang Eropa dalam ekonomi masih terlihat. Kondisi ini
tetap menyebabkan terpuruknya perekonomian pribumi karena ….
A. masa pemerintahan Raffles
tersebut mengurangi pendapatan para bupati dalam memperoleh upeti karena
langsung diolah oleh gubernur
B. penduduk
mengalami keterbelakangan dalam pendidikan karena minimnya pendapatan mereka
sehingga tidak mampu membayar sesuai kesepakatan pada masa Raffles
C. berkembangnya
jumlah penduduk yang kelaparan akibat terhimpit kehidupan ekonominya yang
dibatasi oleh kebijakan Raffles
D. Raffles berhasil
melakukan pembaharuan perekonomian dengan menggerakan sewa tanah yang
memberikan keuntungan kepada penduduk yang memiliki tanah
E. penduduk
mengalami kerja rodi, perbudakan dan juga monopoli karena Raffles masih sulit melepaskan kultur sebagai penjajah
22
Ikrar Sumpah
Pemuda yang ke 3 yang tercantum pada prasasti di dinding museum Sumpah Pemuda
bertuliskan “Kami poetra dan poetri
Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia”. Ikrar Sumpah
Pemuda yang ke 3 tersebut telah menjadi penegas bahwa bahasa persatuan sebagai
bahasa pemersatu adalah bahasa Indonesia. Untuk itu dalam masa kemerdekaan,
bahasa Indonesia sebagai persatuan ini berfungsi sebagai ....
A.
Alat
komunikasi antar suku
B.
Bahasa Negara
Indonesia
C.
Bahasa umum
di Indonesia
D.
Bahasa pengantar
di Indonesia
E.
Alat edukasi
didunia pendidikan
23.
Proklamasi
kemerdekaan memberikan dorongan semangat perjuangan bagi rakyat Indonesia.
Pernyataan yang memberi tahu kepada bangsa Indonesia sendiri dan kepada dunia
luar bahwa saat ini bangsa Indonesia telah lepas dari penguasaan negara lain. Makna proklamasi bagi kehidupan sosial bangsa Indonesia
adalah ....
A. memberikan rasa bebas dan
merdeka dari belenggu penjajahan dan propaganda bangsa lain
B. adanya kebebasan dalam melakukan perdagangan
yang sebelumnya mengalami
monopoli
C. kemerdekaan
yang diperoleh bangsa Indonesia merupakan berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa
D. adanya
peradaban baru dengan kebiasaan baru yang terbangun menjadi tradisi baru
masyarakat
E. adanya
pengakuan kedaulatan dari negara lain di dunia sebagai negara merdeka yang
terlepas dari penjajahan
24.
Dinamika politik dan pemerintahan
Indonesia pada awal kemerdekaan pada masaDemokrasi liberal, para elite politik
dan pemimpin bangsa masih mencoba menemukan konsep pemerintahan yang sesuai
dengan kondisi bangsa. Kehidupan
politik pada masa demokrasi liberal yaitu ....
A. partai
politik berkembang secara kuantitas dan terciptanya kolaborasi antarpartai
B. kegiatan
pemerintahan dijalankan oleh presiden dan mempertanggung jawabkannya kepada
parlemen
C. sering
terjadi pergantian kabinet akibat adanya mosi tidak percaya parlemen terhadap
kabinet yang berkuasa tersebut
D. perdana
menteri bertanggung jawab kepada presiden dan memberikan kepercayaan kepada
parlemen
E. presiden bertugas
sebagai kepala pemerintahan dan kepala
25. Tahap awal diterapkan sistem ekonomi ganda
(kapitalisme di kota, sosialisme tradisional/gotong royong di desa). Tahap
akhir sistem ekonomi kapitalisme. Artinya sistem ekonomi pada masa ini
merupakan masa transisi kapitalisme di kota-kota dan sistem sosialisme di desa.
Sistem ekonomi ini dipakai pada era pemerintahan demokrasi ....
A.
Terpimpin
B.
Liberal
C.
Presidensiil
D.
Kapitalis
E.
Sosialis
26. Sultan Hamengkubwono IX (12 April 1912-2 Oktober 1988) adalah Sultan
Yogyakarta ke-9 dan Gubernur pertama
Daerah Istimewa Yogyakarta serta pernah menjabat wakil presiden Republik
Indonesia yang kedua. Beliau memiliki peran yang sangat besar dalam
mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peran beliau dalam mempertahankan
kemerdekaan Indonesia adalah ....
A. menyediakan keraton
Yogyakarta sebagai markas pejuang dan TNI ketika Serangan Umum 1 Maret
1949
B. menjadi
tokoh utama memimpin perang dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan tentara
Sekutu
C. menjadikan
keraton Yogyakarta sebagai pusat pemerintahan Sementara Republik Indonesia
D. menjadi
tokoh utama sebagai penggerak Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan tentara Sekutu
E. sebagai pemimpin negara menggantikan Soekarno
dalam Serangan Umum 1 Maret
1949
27. Perhatikan data berikut !
1) Menetapkan Undang-undang Dasar Negara RI
2) Membagi wilayah RI menjadi delapan propinsi dan
menunjuk calon gubernurnya
3) Membentuk dua belas departemen dan menunjuk calon
menterinya
4) Memilih Sukarno sebagai presiden dan Mohammad
Hatta sebagai wakil presiden
5) Mengumumkan pembentukan Badan Keamanan Rakyat
6) Akan dibentuk sebuah Komite Nasional untuk
membantu tugas presiden
Yang merupakan keputusan Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
(PPKI) tanggal 18 Agustus 1945
ditunjukkan nomor ....
A. 1), 4), 6)
B. 2), 3), 5)
C. 1), 2), 3)
D. 4), 5), 6)
E. 2), 3), 6)
28. Salah satu tokoh proklamator yang memiliki peranan
cukup penting dalam proklamasi kemerdekaan yang lahir di Bukittinggi, 12
Agustus 1902 dan wafat pada tanggal 14 Maret 1980 yang kemudian dimakamkan di
Tanah Kusir Jakarta. Semasa hidupnya, beliau sudah aktif dalam perjuangan
kemerdekaan sejak menjadi mahasiswa di luar negeri. Setelah pulang ke tanah
air, ia aktif di PNI, menjadi anggota BPUPKI dan wakil ketua PPKI. Beliau
adalah....
A.
Ir. Soekarno
B.
Moh. Hatta
C.
Achmad
Soebardjo
D.
Sukarni
Kartodiwiryo
E.
Sayuti Melik
29. Indonesia merasa PBB yang seharusnya menjadi wadah
untuk menjaga perdamaian dunia malah berlaku menyimpang dari tujuan sebenarnya.
PBB justru dijadikan sebagai alat politik bagi negara-negara adidaya untuk
menguasai dunia dan melakukan diskriminasi dengan negara-negara berkembang.
Karena adanya
faktor tersebut, pada masa demokrasi terpimpin Soekarno memutuskan untuk....
A.
membubarkan
PBB
B.
mengkritik
kebijakan PBB
C.
keluar dari
PBB
D.
mengadakan
konferensi PBB
E.
mengevaluasi
kebijakan PBB
30. Salah satu usaha mempertahankan kemerdekaan selain
menggunakan senjata adalah melalui jalur diplomasi. Perjanjian Linggarjati
adalah awal dari langkah Pemerintah melalui jalur diplomasi. Namun ternyata
Belanda telah melanggar isi dari perundingan Linggarjati dengan mengadakan
gencatan senjata dan tidak mengakui kedaulatan Indonesia. Untuk menyelesaikan
masalah ini, PBB mengeluarkan resolusi yaitu ....
A.
Meminta
Belanda mnghentikan gencatan senjata
B.
Meminta
Indonesia menyerah
C.
Membentuk KTN
D.
Membentuk NIS
E.
Membentuk
UNCI
31.
Peristiwa Andi Aziz berawal dari tuntutan Kapten Andi Aziz dan pasukannya
yang berasal dari KNIL (pasukan Belanda di Indonesia) terhadap pemerintah
Indonesia agar hanya mereka yang dijadikan pasukan APRIS di Negara Indonesia
Timur (NIT). Ketika akhirnya tentara Indonesia benar-benar didatangkan ke
Sulawesi Selatan dengan tujuan memelihara keamanan, hal ini menyulut
ketidakpuasan di kalangan pasukan Andi Aziz.
Upaya
pemerintah dalam menghadapi pemberontakan Andi Aziz yaitu ....
A. PM. Hatta memerintahkan
menangkap Kapten Westerling dan Sultan Hamid II namun Westerling berhasil lari
B. mengirim
pasukan untuk melakukan operasi militer di Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh
Kolonel Kawilarang
C. Leimena
mengajak Andi Aziz dan pasukannya untuk mengajak perundingan untuk sebuah
kesepakatan
D. melakukan
operasi 17 Agustus untuk mengamankan sumber-sumber minyak yang ada di sektor
Sulawesi
E. mengirim
pasukan dalam operasi Merdeka untuk melakukan perundingan antara Andi Aziz dan pemerintah
32. Peristiwa G-30S/PKI adalah sebuah upaya dari PKI untuk mengambil alih sebuah kekuasaan
yang dengan memanfaatkan cakrabirawa untuk menculik para cakra perwira
Anagkatan Darat saat itu. Sikap Presiden Sukarno terhadap peristiwa Pengkhianatan G 30 S/PKI
adalah...
A. akan melakukan penyelesaian politis (political
solution) terhadap tokoh-tokoh yang
terlibat PKI
B. jatuhnya korban dalam peristiwa G 30 S/PKI
merupakan hal yang luar biasa dalam sebuah revolusi
C. akan membubarkan PKI beserta organisasi massa yang
bergabung ke dalam organisasi PKI
D. mengutuk dengan keras tindakan PKI yang telah
menyebabkan jatuhnya korban dari TNI Angkatan Darat
E. akan membentuk Mahkamah Militer Luar Biasa
(Mahmilub) untuk mengadili tokoh-tokoh PKI
33. Revolusi Hijau adalah sebutan tidak resmi yang
dipakai untuk menggambarkan perubahan fundamental dalam pemakaian teknologi
budidaya pertanian. Pada tahun 1984, Indonesia mengalami keberhasilan dalam
Revolusi Hijau. Kemerhasilan tersebut yaitu ……….
1. berubahnya status Indonesia sebagai negara
pengekspor beras menjadi negara pengimpor beras
2. berubahnya status Indonesia sebagai negara
pengimpor beras menjadi negara pengekspor beras
3. berubahnya status Indonesia sebagai negara
pengimpor beras menjadi negara berswasembada
beras
4. berubahnya status Indonesia sebagai negara
pengimpor beras menjadi negara pengekspor beras
5. berubahnya status Indonesia sebagai negara
agraris menjadi negara industri
34. Perhatikan data berikut !
– Pengolahan tanah yang baik –
Pemupukan yang tepat
– Irigasi yang baik –
Pemberantasan hama
– Pemilihan bibit unggul yang baik
Pernyataan diatas adalah program kerja
dibidang pertanian yang disebut dengan istilah.....
A. Panca Warga
B. Eka Prasetya Panca Karsa
C. Panca Usaha Tani
D. Panca Karya Tani
E. Pola Usaha Tani
35. Perhatikan pernyataan berikut !
1) merupakan tatanan seluruh kehidupan rakyat, bangsa
dan negara yang diletakkan pada kemurnian pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945
2) mempunyai sikap tersendiri dalam menentukan
kebijakan politiknya dan tidak mau terikat pada salah satu Blok
3) sebagai koreksi terhadap
penyelewengan-penyelewengan yang terjadi di masa lampau
4) ikut secara aktif dalam upaya menciptakan
perdamaian internasional
5) berupaya menyusun kembali kekuatan bangsa untuk
menumbuhkan stabilitas nasional guna mempercepat proses pembangunan bangsa
Hakekat Orde Baru ditunjukkan nomor ....
A. 3), 4), 5)
B. 1), 2), 3)
C. 2), 3), 5)
D. 1), 3), 5)
E. 2), 4), 5)
36
Pemilihan
Umum pada Masa Reformasi secara prinsip berbeda dengan pemilihan umum pada Masa
Orde Baru. Perbedaan tersebut antara lain :
NO |
JENIS PERBEDAAN |
PEMILU MASA ORDE BARU |
PEMILU MASA REFORMASI |
1 |
Peserta |
48 partai politik |
10 partai politik |
2 |
Penyelenggara |
Pemerintah (Menteri Dalam Negeri) |
Komisi Pemilihan Umum (KPU) |
3 |
Sistem |
Distrik dan proporsional |
Perwakilan berimbang |
4 |
Lembaga yang dipilih |
DPD, DPR, Presiden |
DPRD II, DPRD II, MPR |
5 |
Sifat |
Langsung, jujur, adil, demokratis |
Langsung, penuh rekayasa |
Pernyataan yang
benar, ditunjukan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
37.Perhatikan data
berikut !
1) Mata uang rupiah jatuh terhadap dollar Amerika
2) 16 bank dilikuidasi karena mengalami kesulitan
likuiditas
3) Tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 0 % (mengalami
stagnan)
4) Letter of credit (L/C) dari Indonesia ditolak di
luar negeri
Hal-hal tersebut di atas merupakan latar belakang lahirnya Reformasi yaitu
.......
A. Krisis Politik
B. Krisis Ekonomi
C. Krisis Hukum
D. Krisis Kepercayaan
E. Krisis Sosial
38.Kontingen Garuda merupakan bentuk nyata
keterlibatan langsung Indonesia dalam menyelesaikan konflik-konflik di berbagai
belahan dunia. Pasukan Garuda merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia
(TNI) yang tergabung dalam bendera PBB yang bertugas sebagai “Peace Keeping
Force”. Berdasarkan ilustrasi tersebut peran yang telah dilakukan Indonesia
dalam mewujudkan perdamaian dunia yaitu ....
A. Presiden Soekarno
mengirimkan kontingen Garuda III untuk membantu PBB dalam menyelesaikan konflik
di Mesir
B. Brigjen
TNI S. Sumantri memimpin kontingen Garuda XI untuk menyelesaikan konflik di
Vietnam
C. Brigjen
TNI Harsoyo memimpin kontingen Garuda VIII untuk menyelesaikan konflik di
kawasan Teluk
D. Wiyogo
Atmodarminto memimpin kontingen Garuda IV untuk menyelesaikan konflik di Kongo
E. mengirimkan
kontingen Garuda II yang dipimpin oleh Letkol Inf. Solichin untuk menyelesaikan konflik di Kongo
39.Indonesia
beranggapan bahwa hubungan luar negri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan
antar bangsa yang ditujukan untuk kepentingan nasional dengan politik Luar
negri bebas aktif sebagai landasannya, untuk itu Indonesia turut andil berperan
dalam ....
A. Konferensi Asia Afrika
B. Gerakan Non-blok
C. ASEAN
D. OKI
E. Misi Garuda
40.Munculnya
ketidakpuasan masyarakat pada masa Orde Baru akibat merebaknya KKN (Korupsi,
Kolusi dan Nepotisme) menyebabkan banyak terjadinya demonstrasi dari golongan
aktifis dan mahasiswa bahkan hingga menyebabkan pertumpahan darah. Hery
Hartanto, Elang Mulya Lesmana, Hafidhin Royan, Hendiawan Sie adalah para
pahlawan Reformasi yang gugur menjelang jatuhnya pemerintahan Orde Baru yaitu
dalam peristiwa ...
A. Kerusuhan 27 Juli 1996
B. Tragedi Semanggi 13 Nopember 1998
C. Malapetaka 15 Januari 1976
D. Tragedi Tri Sakti, 12 Mei 1998
E. Kerusuhan Jakarta, 13-14 Mei 1998