Selasa, 23 Maret 2021

XII IPA3


Nama sekolah                 : SMA Al azhar 3

 Nama Guru bid studi     : Sumono

Mapel                             : Sejarah

Materi                            : Pembahasan soal UTS


Assallamualaikum wr wb

anak anak ku yang sholeh dan sholeha sebelurm kita belajar pada pagi ini bapak harapakan kalian sudah melaksanakan sholat dhuha terlebih dahulu.

pada kesempatan pagi ini kita akan membahas tentang soal US silah kan ditanyakan bila ada soal yg sulit dan belum dimengerti melalui wa group


Petunjuk Umum

  1. Tuliskan nama dan nomor tes anda pada lembar jawaban yang tersedia
  2. Kerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu
  3. Laporkan pada pengawas jika terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang
  4. Periksalah lembar jawaban sebelum diserahkan kepada pengawas

 


Petunjuk Khusus

 

  1. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat pada salah satu huruf A, B, C, D atau E di lembar jawaban .
  2. Untuk membetulkan jawaban, hapuslah jawaban kemudian pilihlah jawaban yang benar.

 

S0AL PILIHAN GANDA

 

1.      Berbagai definisi sejarah secara etimologi  dari History, Historia banyak memiliki penafsiran yang berbeda, sedangkan  dari bahasa Arab yaitu Syajarotun yang berarti Pohon. Pohon digunakan untuk melukiskan jika dikaitkan dengan Sejarah dapatdi simpulkan:

A.     Sejarah sebagai kisah dapat memberi contoh atau teladan bagi manusia dalam berfikir dan bertindak.

B.     Kehidupan manusia terus bergerak dan berkembng seiring perjalanan waktu di tempat  manusia berada

C.     Cerita bertarikh sebagai hasil penafsiran tentang kejadian dalam kehidupan manusia yang sifatnya turun temurun

D.     Kehidupan manusia yang selalu berinteraksi dengan alam, dan kebudayaan untuk melahirkan sesuatu yang baru.

E.      Berkembang kearah depan dengan tujuan pasti dengan bercermin dari masa lalu untuk perbaikan masa yang akan datang

 

2.      Manusia selalu berkembang karena pada dasarnya manusia memiliki cipta rasa dan karsa, dengan demikian manusia mampu untuk berinteraksi dimanapun berada. Unsur sejarah yang meliputi unsur intuisi, imajinasi, dan emosi merupakan ruang lingkup sejarah dalam ….

A.     Sejarah sebagai ilmu

B.     Sejarah sebagai kisah

C.     Ciri-ciri ilmu sejarah

D.     Sejarah sebagai seni

E   Sejarah sebagai peristiwa

 

 

3.      Perjalanan sejarah  masuknya Jepang tahun 1942 hingga tahun 1945  kita  dapatmerinci rentang waktu untuk merinci yang terjadi, karena dengan batasan yang jelas itu kita akan mampu melintasi dan melampaui dengan berpikir secara urut. Sesuatu yang melintas  melalui atau melampaui batas waktu  merupakan pengertian dari....

A.     Kronik

B.     Sinkronik

C.     Kronologi

D.     Anakronik

E.      Diakronik

 

4.      Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah peristiwa bersejarah dan penting bagi bangsa Indonesia. Peristiwa itu terjadi di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 yang dihadiri oleh sekitar 500 orang dari berbagai kalangan dengan membawa berbagai apapun yang digunakan sebagai senjata. Meskipun Jepang sudah dikalahkan oleh sekutu, bala tentara Dai Nippon (Jepang) masih berada di Jakarta. Namun suasana di Jakarta masih kondusif.

Deskripsi peristiwa sejarah tersebut menunjukkan konsep berpikir sinkronik dalam sejarah karena  ....

A.   Deskripsi peristiwa tersebut dijelaskan dengan menguraikan aspek sosial dan politik

B.    Penelusuran peristiwa pada masa lalu diurutkan dengan kesesuaian  waktu terjadinya peristiwa

C.    Terjadi perubahan yang  mendorong simpati dari mayoritas bangsa Indonesia untuk melaksanakan proklamasi

D.   Peristiwa tersebut berkelanjutan untuk mengobarkan semangat nasionalisme semua rakyat Indonesia

E.    Peristiwa tersebut menunjukkan adanya fakta sejarah yang dapat dijadikan sumber sejarah

 

5.      Segala sesuatu yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada suatu masa dengan mengkaji pola-pola, gejala dan karakteristik dari sebuah peristiwa itu merupakan konsep berpikir sinkronik. Konsepsinkroniklebihseringdigunakandalamilmu-ilmu sosial karena …

A.     Tidakdigunakanuntukanalisissejarah

B.     Berkaitandenganteori ilmuilmusejarah

C.     Mengkajipoladansrukturmasyarakat

D.     Tidakmengutamakandimensiwaktu

E.      Berhubungandengankehidupanmasakini

 

6.      perhatikan table berikut.

X

Y

1.      Lingkunganfisik

 

   1..peperangan

2.      Bertambahatauberkurangnyapenduduk

   2..pertentangan dalam

       masyarakat

3.      Penemuan-penemun baru

   3..pengaruh kebudayaan

Asing

Faktor internal penyebabperubahanditunjukkanoleh ....

A.     X1,X2, dan Y1

B.     X2,X3 dan Y2

C.     X1,X2 dan,Y3

D.     X2,X3,dan Y2

E.      X2,X3,dan Y3

 

7.      Perhatikan gambar berikut!

Description: Description: Kapak Lonjong

            Gambar tersebut menunjukkan corak kehidupan masyarakat praaksara yaitu masa  ....

A.    Meramu dan berburu yang berfungsi untuk menusuk binatang

B.    Mengumpulkan makanan yang berfungsi untuk perhiasan

C.    Bercocok tanam yang berfungsi untuk memotong makanan

D.    Perundagian yang berfungsi sebagai senjata tradisional

E.    Beternak yang berfungsi untuk memotong binatang

 

8.      Banyak teori yang menyebutkan bahwa masuknya Hindu-budha ke Indonesia dengan berbagai cara. Menurut J.C Van Leur agama Hindu-Budhamasukke Indonesia dibawaoleh kaum Brahmana, dengancara ....

A.     Mendirikankerajaan-kerajaan Hindu Budha

B.     Menaklukandaerah-daerahbaru di Indonesia

C.     Menghadiahkankitabwedakepadapara raja

D.     Menetapdanmenikahdenganpenduduk local

E.      Menyebarkandanmengajarkan kitab

 

9.      Penyebaran Islam di Indonesia dibawa oleh para pedagang, sebelum kembali ke daerahnya sambil menunggu angin musim mereka menetap di Indonesia  dengan mendirikan perkampungan musli yang disebut Pekojan. Pada awal perkembangan Islam di Indonesia para pedagang muslim timur  Tengah melakukan perkawinan dengan bangsawan lokal. Dampak  perkawinan tersebut adalah.....

A.     Banyak keluarga kerajaan yang masuk Islam dan melahirkan generasi muslim baru

B.     Banyak bangsawan lokal melakukan migrasi kenegara-negara timur tengah

C.     Terjdinya  konsesi dagang yang merugikan para penguasa lokal

D.     Para enguasa lokal mendapatkan keuntungan ekonomis

E.      Banyak pedagang timur tengah menetap di Indonesia

 

10.  Pada masa praaksara tingkat lanjut hasil-hasil budaya nenek moyang kita semakin kaya dengan munculnya hasil budaya yang bersifat ....

A.     Kepercayaan animisme dan dinamisme

B.     Non fisik (abstrak) dan fisik

C.     Monoteisme dan polyteisme

D.     Mitologi dan taologi

E.      Tahayul dan magis

 

 

11.  Kerajaan Majapahit mulai mengalami masa suram dan kemunduran sepeninggal Mahapatih Gajah Mada dan kemudian disusul meninggalnya Hayam Wuruk. Selanjutnya Majapahit diwarnai perang saudara, banyak negara bawahan melepaskan diri serta terjadi kemunduran perdagangan dan akhirnya Majapahit benar-benar runtuh sekitar tahun 1478 Masehi. Adapun faktor utama kemunduran Majapahit 1478 M adalah ....

A.   Serangan dari pasukan Islam di bawah pimpinan Raden Patah

B.   Perang saudara (Paregreg) melemahkan kekuatan kerajaan Majapahit

C.   Kelemahan pemerintah pusat dan kemunduran ekonomi Majapahit

D.   Tidak ada pembentukan pimpinan baru di Majapahit setelah Gajah Mada

E.    Daerah-daerah bawahan banyak melepaskan diri kerajaan Majapahit

 

12.  Dewa raja adalah konsep Hindu-Buddha yang memuja dan menganggap raja memiliki sifat kedewaan. Konsep ini terkait dengan sistem monarki yang menganggap raja memiliki sifat ilahiah, secara politik gagasan ini merupakan praktik ....

A.    Sebagai penguasa raja memiliki wewenang yang  penuh terhadap seluruh  tanah  di wilayah kerajaannya

B.     Sebagai suatu upaya pengesahan atau justifikasi kekuasaan raja dengan alasan keagamaan

C.     Sistem pemerintahan kerajaan masa lalu yang didasari praktik kedinastian para bangsawan yang turun temurun

D.    Sistem pemerintahan yang didasari monarki absolut dengan raja sebagai simbol kekuatan sosial politik

E.     Sebagai suatu upaya legalitas absolutisme diktator dengan tingkatan status sosial yang tinggi diantara masyarakat

 

13.  Cermati gambar di bawah ini!

 

Gambar tersebut merupakan peninggalan masa praaksara yang berakulturasi pada masa

Hindu-Buddha, yang berfungsi ....

A.     Sebagai simbul yang melambangkan tanah subur

B.     Sebagai balai pertemuan antara raja dengan rakyatnya

C.     Sebagai dasarrekontrusi pembangunan candi Borobudur

D.     Sebagai tempat untuk pemujaan arwah nenek moyang

E.      Sebagai tempat perlindungan/pertahanan dari musuh

 

14.  Masuknya agama Islam di Indonesia sangat mudah dan diterima oleh masyarakat dengan baik, karena mampu memasuki berbagai unsur kehidupan masyarakat dengan tidak meninggalkan budaya lama, bisa melalui pagelaran, kidung dan nyanyian. Yang bukan temasuk saluran penyebaran agama Islam dalam bentuk seni di Indonesia adalah ....

A.     Wayang

B.     Gending

C.     Pustaha

D.     Gamelan

E.      Hikayat

 

15.  Bangsa Portugis pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1512 di bawah pimpinan ekpedisi Alfonso de Albuquerque setelah sebelumnya menaklukkan Malaka. Selanjutnya Portugis mengadakan perjanjian dagang dengan kerajaan Sunda (Pajajaran) pada tahun 1522, berdasarkan perjanjian tersebut Portugis dapat melakukan ....

A.       Memonopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku dan Sunda Kelapa

B.        Pembangunan benteng dan gudang  di Sunda Kelapa

C.        Pemungutan pajak atas perdagangan di Sunda Kelapa

D.       Mendirikan serikat perdagangan di Sunda Kelapa

E.        Penyebaran agama Kristen di Sunda Kelapa

16.  Di bawah ini merupakan kegiatan kebijakan yang dilakukan masa pemerintahan Raffles di Indonesia yaitu ....

A.     Adanya Pemungutan pajak atas sewa tanah

B.     Memperkuat posisi Inggris dalam bersaing dengan negara lain

C.     Menghindari persaingan antar pemilik tanah dan pemilik modal usaha

D.     Memonopoli perdagangan rempah-rempah di Nusantara untuk kas Inggris

E.      Membantu pemerintah Belanda mengembalikan kekuasaanya setelah dikuasai Perancis.

 

17.  Kedatangan Jepang awalnya disambut baik oleh para tokoh nasional dan rakyat Indonesia, hal ini disebabkan karena adanya rasa optimisme bahwa kedatangan Jepang akan membawa kemerdekaan bagi Indonesia. Rasa optimisme tersebut dilandasi oleh ....

A.     Bantuan rakyat Indonesia secara penuh dalam membantu Jepang memenangkan perang di Asia

B.     Janji Jepang jika perang Pasifik dimenangkan oleh Jepang semua bangsa Asia akan merdeka

C.     Kemampuan Jepang disetiap medan pertempuran dapat diandalkan karena Harakirienya

D.     Jepang membentuk pasukan-pasukan bela tanah air yang menjadi cikal bakal TNI

E.      Dikuasainya Indonesia oleh Jepang menjadikan rakyat semakin makmur

 

18.   Penguasaan penjajahan bangsa barat di Indonesia pada abad ke-19 hampir di seluruh wilayah Indonesia sering memicu terjadinya perlawanan. Meskipun demikian, perlawanan rakyat Indonesia selalu mudah dipatahkan dan mengalami kegagalan. Berdasarkan analisis sebab perlawanan rakyat Indonesia selalu mengalami kegagalan adalah ...

A.   Rakyat Indonesia belum mampu menggunakan senjata modern

B.   Pada masa itu perlawanan sangat bergantung pada satu pemimpin

C.   Perlawanan rakyat tidak dipimpin tokoh yang ahli dalam perang

D.   Banyak pasukan yang melakukan pengkhianatan terhadap raja

E.   Strategi perlawanan tidak tersusun dengan baik di bawah komando

 

19.    Salah satu sebab khusus terjadinya perang diponegoro adalah pangeran diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan karena….

A.     Pemerintah kolonial ingin mengajak kerja sama pangeran diponegoro

B.     Menolak berkompromi dengan pemerintah colonial

C.     Pangeran diponegoro dibelit berbagai bentuk pajak

D.     Pangeran diponegoro ingin mengasingkan diri

E.     Pangeran diponegoro ingin menjadi raja

 

20.    Perhatikan nama berikut !

1.        Sultan Hasanudin

2.        Tuanku Tambusai

3.        Tuanku Nan Cerdik

4.        Tuanku Imam Bonjol

5.        Pangeran Diponegoro

Pemimpin Perlawanan dalam Perang Padri ditunjukan pada nomor  ....

A.     1, 2, dan 3

B.     1, 2, dan 4

C.     1, 3, dan 5

D.     2, 3, dan 4

E.     3, 4 dan 5

 

21. Raffles sebagai penguasa Inggris di Hindia melakukan langkah-langkah untuk memperluas kedudukannya di tanah jajahan seperti dalam bidang ekonomi. Ia ingin memperbaiki tanah jajahan, termasuk ingin meningkatkan kemakmuran rakyat. Dalam pelaksanaan di lapangan menghadapi berbagai kendala. Budaya dan kebiasaan petani sulit diubah, pengawas pemerintah kurang, dominasi orang-orang Eropa dalam ekonomi masih terlihat. Kondisi ini tetap menyebabkan terpuruknya perekonomian pribumi karena ….

A.  masa pemerintahan Raffles tersebut mengurangi pendapatan para bupati dalam memperoleh upeti karena langsung diolah oleh gubernur

B.  penduduk mengalami keterbelakangan dalam pendidikan karena minimnya pendapatan mereka sehingga tidak mampu membayar sesuai kesepakatan pada masa Raffles

C.  berkembangnya jumlah penduduk yang kelaparan akibat terhimpit kehidupan ekonominya yang dibatasi oleh kebijakan Raffles

D.  Raffles berhasil melakukan pembaharuan perekonomian dengan menggerakan sewa tanah yang memberikan keuntungan kepada penduduk yang memiliki tanah

E.   penduduk mengalami kerja rodi, perbudakan dan juga monopoli karena Raffles masih sulit melepaskan kultur sebagai penjajah

 

 

22    Ikrar Sumpah Pemuda yang ke 3 yang tercantum pada prasasti di dinding museum Sumpah Pemuda bertuliskan “Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia”. Ikrar Sumpah Pemuda yang ke 3 tersebut telah menjadi penegas bahwa bahasa persatuan sebagai bahasa pemersatu adalah bahasa Indonesia. Untuk itu dalam masa kemerdekaan, bahasa Indonesia sebagai persatuan ini berfungsi sebagai ....

A.    Alat komunikasi antar suku

B.     Bahasa Negara Indonesia

C.     Bahasa umum di Indonesia

D.    Bahasa pengantar di Indonesia

E.     Alat edukasi didunia pendidikan

 

 

 

23.  Proklamasi kemerdekaan memberikan dorongan semangat perjuangan bagi rakyat Indonesia. Pernyataan yang memberi tahu kepada bangsa Indonesia sendiri dan kepada dunia luar bahwa saat ini bangsa Indonesia telah lepas dari penguasaan negara lain. Makna proklamasi bagi kehidupan sosial bangsa Indonesia adalah ....

A.  memberikan rasa bebas dan merdeka dari belenggu penjajahan dan propaganda bangsa lain

B.  adanya kebebasan dalam melakukan perdagangan yang sebelumnya mengalami

      monopoli

C.  kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia merupakan berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa

D.  adanya peradaban baru dengan kebiasaan baru yang terbangun menjadi tradisi baru masyarakat

E.   adanya pengakuan kedaulatan dari negara lain di dunia sebagai negara merdeka yang terlepas dari penjajahan

 

24.  Dinamika politik dan pemerintahan Indonesia pada awal kemerdekaan pada masaDemokrasi liberal, para elite politik dan pemimpin bangsa masih mencoba menemukan konsep pemerintahan yang sesuai dengan kondisi bangsa.            Kehidupan politik pada masa demokrasi liberal yaitu ....

A.  partai politik berkembang secara kuantitas dan terciptanya kolaborasi antarpartai

B.  kegiatan pemerintahan dijalankan oleh presiden dan mempertanggung jawabkannya kepada parlemen

C.  sering terjadi pergantian kabinet akibat adanya mosi tidak percaya parlemen terhadap kabinet yang berkuasa tersebut

D.  perdana menteri bertanggung jawab kepada presiden dan memberikan kepercayaan kepada parlemen

E.   presiden bertugas sebagai kepala pemerintahan dan kepala

 

 

25.  Tahap awal diterapkan sistem ekonomi ganda (kapitalisme di kota, sosialisme tradisional/gotong royong di desa). Tahap akhir sistem ekonomi kapitalisme. Artinya sistem ekonomi pada masa ini merupakan masa transisi kapitalisme di kota-kota dan sistem sosialisme di desa. Sistem ekonomi ini dipakai pada era pemerintahan demokrasi ....

A.    Terpimpin

B.     Liberal

C.     Presidensiil

D.    Kapitalis

E.     Sosialis


 

26.  Sultan Hamengkubwono IX (12 April 1912-2 Oktober 1988) adalah Sultan Yogyakarta ke-9 dan Gubernur pertama Daerah Istimewa Yogyakarta serta pernah menjabat wakil presiden Republik Indonesia yang kedua. Beliau memiliki peran yang sangat besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peran beliau dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah  ....

A.  menyediakan keraton Yogyakarta sebagai markas pejuang dan TNI ketika Serangan Umum 1 Maret 1949

B.  menjadi tokoh utama memimpin perang dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan tentara Sekutu

C.  menjadikan keraton Yogyakarta sebagai pusat pemerintahan Sementara Republik Indonesia

D.  menjadi tokoh utama sebagai penggerak Serangan Umum 1 Maret 1949 melawan tentara Sekutu

E.   sebagai pemimpin negara menggantikan Soekarno dalam Serangan Umum 1 Maret

      1949

 

27.  Perhatikan data berikut !

1)     Menetapkan Undang-undang Dasar Negara RI

2)     Membagi wilayah RI menjadi delapan propinsi dan menunjuk calon gubernurnya

3)     Membentuk dua belas departemen dan menunjuk calon menterinya

4)     Memilih Sukarno sebagai presiden dan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden

5)     Mengumumkan pembentukan Badan Keamanan Rakyat

6)     Akan dibentuk sebuah Komite Nasional untuk membantu tugas presiden

Yang merupakan keputusan Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal  18 Agustus 1945 ditunjukkan nomor ....

A.    1), 4), 6)

B.     2), 3), 5)

C.     1), 2), 3)

D.    4), 5), 6)

E.     2), 3), 6)

 

28.  Salah satu tokoh proklamator yang memiliki peranan cukup penting dalam proklamasi kemerdekaan yang lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902 dan wafat pada tanggal 14 Maret 1980 yang kemudian dimakamkan di Tanah Kusir Jakarta. Semasa hidupnya, beliau sudah aktif dalam perjuangan kemerdekaan sejak menjadi mahasiswa di luar negeri. Setelah pulang ke tanah air, ia aktif di PNI, menjadi anggota BPUPKI dan wakil ketua PPKI. Beliau adalah....

A.    Ir. Soekarno

B.     Moh. Hatta

C.     Achmad Soebardjo

D.    Sukarni Kartodiwiryo

E.     Sayuti Melik

 

29.  Indonesia merasa PBB yang seharusnya menjadi wadah untuk menjaga perdamaian dunia malah berlaku menyimpang dari tujuan sebenarnya. PBB justru dijadikan sebagai alat politik bagi negara-negara adidaya untuk menguasai dunia dan melakukan diskriminasi dengan negara-negara berkembang.


 

Karena adanya faktor tersebut, pada masa demokrasi terpimpin Soekarno memutuskan untuk....

A.    membubarkan PBB

B.     mengkritik kebijakan PBB

C.     keluar dari PBB

D.    mengadakan konferensi PBB

E.     mengevaluasi kebijakan PBB

 

30.  Salah satu usaha mempertahankan kemerdekaan selain menggunakan senjata adalah melalui jalur diplomasi. Perjanjian Linggarjati adalah awal dari langkah Pemerintah melalui jalur diplomasi. Namun ternyata Belanda telah melanggar isi dari perundingan Linggarjati dengan mengadakan gencatan senjata dan tidak mengakui kedaulatan Indonesia. Untuk menyelesaikan masalah ini, PBB mengeluarkan resolusi yaitu ....

A.    Meminta Belanda mnghentikan gencatan senjata

B.     Meminta Indonesia menyerah

C.     Membentuk KTN

D.    Membentuk NIS

E.     Membentuk UNCI

 

31.  Peristiwa Andi Aziz berawal dari tuntutan Kapten Andi Aziz dan pasukannya yang berasal dari KNIL (pasukan Belanda di Indonesia) terhadap pemerintah Indonesia agar hanya mereka yang dijadikan pasukan APRIS di Negara Indonesia Timur (NIT). Ketika akhirnya tentara Indonesia benar-benar didatangkan ke Sulawesi Selatan dengan tujuan memelihara keamanan, hal ini menyulut ketidakpuasan di kalangan pasukan Andi Aziz.

Upaya pemerintah dalam menghadapi pemberontakan Andi Aziz yaitu ....

A.  PM. Hatta memerintahkan menangkap Kapten Westerling dan Sultan Hamid II namun Westerling berhasil lari

B.  mengirim pasukan untuk melakukan operasi militer di Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Kolonel Kawilarang

C.  Leimena mengajak Andi Aziz dan pasukannya untuk mengajak perundingan untuk sebuah kesepakatan

D.  melakukan operasi 17 Agustus untuk mengamankan sumber-sumber minyak yang ada di sektor Sulawesi

E.   mengirim pasukan dalam operasi Merdeka untuk melakukan perundingan antara Andi Aziz dan pemerintah

 

32.  Peristiwa G-30S/PKI adalah sebuah upaya dari PKI untuk mengambil alih sebuah kekuasaan yang dengan memanfaatkan cakrabirawa untuk menculik para cakra perwira Anagkatan Darat saat itu. Sikap Presiden Sukarno terhadap peristiwa Pengkhianatan G 30 S/PKI adalah...

A.    akan melakukan penyelesaian politis (political solution) terhadap tokoh-tokoh yang  terlibat PKI

B.     jatuhnya korban dalam peristiwa G 30 S/PKI merupakan hal yang luar biasa dalam sebuah revolusi

C.     akan membubarkan PKI beserta organisasi massa yang bergabung ke dalam organisasi PKI

D.    mengutuk dengan keras tindakan PKI yang telah menyebabkan jatuhnya korban dari TNI Angkatan Darat

E.     akan membentuk Mahkamah Militer Luar Biasa (Mahmilub) untuk mengadili tokoh-tokoh PKI

33.  Revolusi Hijau adalah sebutan tidak resmi yang dipakai untuk menggambarkan perubahan fundamental dalam pemakaian teknologi budidaya pertanian. Pada tahun 1984, Indonesia mengalami keberhasilan dalam Revolusi Hijau. Kemerhasilan tersebut yaitu ……….

1.      berubahnya status Indonesia sebagai negara pengekspor beras menjadi negara pengimpor beras

2.      berubahnya status Indonesia sebagai negara pengimpor beras menjadi negara pengekspor beras

3.      berubahnya status Indonesia sebagai negara pengimpor beras menjadi negara berswasembada  beras

4.      berubahnya status Indonesia sebagai negara pengimpor beras menjadi negara pengekspor beras

5.      berubahnya status Indonesia sebagai negara agraris  menjadi negara industri

 

34.  Perhatikan data berikut !

– Pengolahan tanah yang baik                              – Pemupukan yang tepat

      – Irigasi yang baik                                                 – Pemberantasan hama

      – Pemilihan bibit unggul yang baik

      Pernyataan diatas adalah program kerja dibidang pertanian yang disebut dengan istilah.....

A.    Panca Warga

B.     Eka Prasetya Panca Karsa

C.     Panca Usaha Tani

D.    Panca Karya Tani

E.     Pola Usaha Tani

 

35.  Perhatikan pernyataan berikut !

1)      merupakan tatanan seluruh kehidupan rakyat, bangsa dan negara yang diletakkan pada kemurnian pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945

2)      mempunyai sikap tersendiri dalam menentukan kebijakan politiknya dan tidak mau terikat pada salah satu Blok

3)      sebagai koreksi terhadap penyelewengan-penyelewengan yang terjadi di masa lampau

4)      ikut secara aktif dalam upaya menciptakan perdamaian internasional

5)      berupaya menyusun kembali kekuatan bangsa untuk menumbuhkan stabilitas nasional guna mempercepat proses pembangunan bangsa

Hakekat Orde Baru ditunjukkan nomor ....

A.    3), 4), 5)

B.     1), 2), 3)

C.     2), 3), 5)

D.    1), 3), 5)

E.     2), 4), 5)

 

36    Pemilihan Umum pada Masa Reformasi secara prinsip berbeda dengan pemilihan umum pada Masa Orde Baru. Perbedaan tersebut antara lain :

NO

JENIS PERBEDAAN

PEMILU MASA ORDE BARU

PEMILU MASA REFORMASI

1

Peserta

48 partai politik

10 partai politik

2

Penyelenggara

Pemerintah (Menteri Dalam Negeri)

Komisi Pemilihan Umum (KPU)

3

Sistem

Distrik dan proporsional

Perwakilan berimbang

4

Lembaga yang dipilih

DPD, DPR, Presiden

DPRD II, DPRD II, MPR

5

Sifat

Langsung, jujur, adil, demokratis

Langsung, penuh rekayasa

Pernyataan yang benar, ditunjukan oleh nomor ....

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

 

37.Perhatikan data berikut !

1)      Mata uang rupiah jatuh terhadap dollar Amerika

2)      16 bank dilikuidasi karena mengalami kesulitan likuiditas

3)      Tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 0 % (mengalami stagnan)

4)      Letter of credit (L/C) dari Indonesia ditolak di luar negeri

Hal-hal tersebut di atas merupakan latar belakang lahirnya Reformasi yaitu .......

A.    Krisis Politik

B.     Krisis Ekonomi

C.     Krisis Hukum

D.    Krisis Kepercayaan

E.     Krisis Sosial

 

38.Kontingen Garuda merupakan bentuk nyata keterlibatan langsung Indonesia dalam menyelesaikan konflik-konflik di berbagai belahan dunia. Pasukan Garuda merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam bendera PBB yang bertugas sebagai “Peace Keeping Force”. Berdasarkan ilustrasi tersebut peran yang telah dilakukan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia yaitu ....

A.  Presiden Soekarno mengirimkan kontingen Garuda III untuk membantu PBB dalam menyelesaikan konflik di Mesir

B.  Brigjen TNI S. Sumantri memimpin kontingen Garuda XI untuk menyelesaikan konflik di Vietnam

C.  Brigjen TNI Harsoyo memimpin kontingen Garuda VIII untuk menyelesaikan konflik di kawasan Teluk

D.  Wiyogo Atmodarminto memimpin kontingen Garuda IV untuk menyelesaikan konflik di Kongo

E.   mengirimkan kontingen Garuda II yang dipimpin oleh Letkol Inf. Solichin untuk menyelesaikan konflik di Kongo

 

39.Indonesia beranggapan bahwa hubungan luar negri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan antar bangsa yang ditujukan untuk kepentingan nasional dengan politik Luar negri bebas aktif sebagai landasannya, untuk itu Indonesia turut andil berperan dalam ....

A.    Konferensi Asia Afrika

B.     Gerakan Non-blok

C.     ASEAN

D.    OKI

E.     Misi Garuda

 

40.Munculnya ketidakpuasan masyarakat pada masa Orde Baru akibat merebaknya KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) menyebabkan banyak terjadinya demonstrasi dari golongan aktifis dan mahasiswa bahkan hingga menyebabkan pertumpahan darah. Hery Hartanto, Elang Mulya Lesmana, Hafidhin Royan, Hendiawan Sie adalah para pahlawan Reformasi yang gugur menjelang jatuhnya pemerintahan Orde Baru yaitu dalam peristiwa ...

A.    Kerusuhan 27 Juli 1996

B.     Tragedi Semanggi 13 Nopember 1998

C.     Malapetaka 15 Januari 1976

D.    Tragedi Tri Sakti, 12 Mei 1998

E.     Kerusuhan Jakarta, 13-14 Mei 1998

 

 

Materi sejarah

Materi Sejarah Kelas 12 IPS Semester 1 BAB 4 BAB 4 PERKEMBANGAN POLITIK DAN EKONOMI INDONESIA  DALAM UPAYA MENGISI KEMERDEKAAN DEMOKRASI LIB...