Kamis, 23 September 2021

 SOAL X IPA 1

Assalamualaikum wr.wb anak shaleh dan shalehah, semoga pagi ini kita senantiasa sehat selalu.

Harap dibaca terlebih dahulu ya anak-anak materi kita hari ini.

Sumono, S.Pd.

 

Nama Sekolah             : SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung

Kelas / Semester          : X / Ganjil

Mata Pelajaran            : Sejarah Indonesia

Materi Pokok              : Kerajaan Hindu-Buddha

Alokasi Waktu            : 3x2 JP (6x45 menit)

 

HOTS (High Order Thinking Skills)

A.    Pilihan Ganda

 

1.      Dibawah ini beberapa kelompok kerajaan yang bercorak Hindu adalah…

A.    Majapahit, Kutai, dan Kalingga

B.     Sriwijaya, Pajajaran, dan Majapahit

C.     Sriwijaya, Tarumanegara, dan Kutai

D.    Kutai, Pajajaran, dan Mataram Kuno

E.     Kutai, Tarumanegara, dan Mataram Kuno

2.      Agama Hindu yang berkembang di Kerajaan Kutai telah berakulturasi dengan budaya lokal. Adanya akulturasi ini terlihat dari…

A.    Penggunaan nama-nama Hindu untuk menggantikan nama asli Indonesia

B.     Penyelenggraaan upacara vratyastoma untuk memeluk agama Hindu

C.     Penerapan kasta brahmana dan kesatria dalam masyarakat Kutai

D.    Pembangunan tempat suci agama Hindu bernama Waprakeswara

E.     Keberadaan yupa pada setiap upacara kurban keagamaan

3.      Agama yang berkembang pesat di Kerajaan Kalingga adalah…

A.    Buddha Tantrayana

B.     Buddha Mahayana

C.     Buddha Hinayana

D.    Hindu Syiwa

E.     Hindu Wisnu

4.      Tepi Sungai Mahakam dipilih sebagai pusat Kerajaan Kutai karena…

A.    Sungai Mahakam memiliki potensi alam yang menjanjikan

B.     Masyarakat Kutai bermukim di tepi Sungai Mahakam

C.     Sungai Mahakam merupakan Sungai suci bagi masyarakat Kutai

D.    Sungai Mahakam menjadi salah satu jalur pelayaran Internasional

E.     Aktivitas perdagangan masyarakat Kutai berlangsung di Sungai Mahakam

 

 

5.      Usaha Ken Arok untuk mendirikan Kerajaan Singasari diceritakan dalam kitab…

A.     Sutasoma

B.     Pararaton

C.     Lubdhaka

D.    Bharatayuda

E.     Negarakertagama

6.      Perhatikan wilayah di bawah ini!

1)      Surabaya

2)      Rembang

3)      Pasuruan

4)      Kediri

5)      Madiun

6)      Daha

Wilayah kekuasaan Kerajaan Panjalu ditunjukkan oleh nomor…

A.    1), 2), dan 3)

B.     1), 3), dan 4)

C.     2), 3), dan 4)

D.    3), 4) dan 5)

E.     4), 5) dan 6)

7.      Beberapa ahli telah mencetuskan teori yang menjelaskan proses masuk dan berkembangnya Hindu-Budha di Indonesia, salah satunya teori Sudra. Teori Sudra tentang proses masuknya Hindu ke Indonesia memiliki kelemahan, yaitu…

A.    Tidak ada bukti prndukung teori tersebut

B.     Kaum Sudra orang yang sangat miskin

C.     Tidak ada satu pun kitab yang menyebutnya

D.    Indonesia terlalu jauh untuk dijangkau

E.     Sulitnya komunikasi dalam bahasa Sansekerta

 

8.      Agama Buddha aliran Mahayana mempunyai banyak pengikut karena dipengaruhi faktor…

A.    Penyebaran yang mudah dan tidak memaksa pemeluk agama

B.     Syarat masuk aliran Mahayana tidak memerlukan biaya

C.     Berhubungan langsung dengan objek sejarah dalam agama Buddha

D.    Aliran Mahayana disebarkan secara menyeluruh dalam setiap lapisan masyarakat.

E.     Aliran Mahayana bersifat terbuka dan mengajarkan untuk saling tolong-menolong untuk mencapai nirwana

9.      Kehidupan perekonomian Kerajaaan Mataram Kuno bertumpu pada sector pertanian karena…

A.    Raja Mataram kurang menaruh perhatian pada perkembangan sector perdaganngan

B.     Mataram memiliki wilayah yang sulit dijangkau oleh pelayaran maritime

C.     Bhumi Mataram terletak di wilayah pedalaman Jawa Tengan

D.    Bhumi Mataram memiliki kondisi tanah yang subur

E.     Aktivitas perdagangan di Mataram sulit dilakukan

10.  Dinasti Warmadewa di Buleleng mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan…

A.    Sri Kesari Warmadewa

B.     Udayana Warmadewa

C.     Marakatapangkaja

D.    Anak Wungsu

E.     Sri Ugrasena

 

Assalamualaikum wr.wb anak shaleh dan shalehah, semoga pagi ini kita senantiasa sehat selalu.

Harap dibaca terlebih dahulu ya anak-anak materi kita hari ini.

Sumono, S.Pd.

 

Nama Sekolah             : SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung

Kelas / Semester          : X / Ganjil

Mata Pelajaran            : Sejarah Indonesia

Materi Pokok              : Kerajaan Hindu-Buddha

Alokasi Waktu            : 3x2 JP (6x45 menit)

 

HOTS (High Order Thinking Skills)

A.    Pilihan Ganda

 

1.      Dibawah ini beberapa kelompok kerajaan yang bercorak Hindu adalah…

A.    Majapahit, Kutai, dan Kalingga

B.     Sriwijaya, Pajajaran, dan Majapahit

C.     Sriwijaya, Tarumanegara, dan Kutai

D.    Kutai, Pajajaran, dan Mataram Kuno

E.     Kutai, Tarumanegara, dan Mataram Kuno

2.      Agama Hindu yang berkembang di Kerajaan Kutai telah berakulturasi dengan budaya lokal. Adanya akulturasi ini terlihat dari…

A.    Penggunaan nama-nama Hindu untuk menggantikan nama asli Indonesia

B.     Penyelenggraaan upacara vratyastoma untuk memeluk agama Hindu

C.     Penerapan kasta brahmana dan kesatria dalam masyarakat Kutai

D.    Pembangunan tempat suci agama Hindu bernama Waprakeswara

E.     Keberadaan yupa pada setiap upacara kurban keagamaan

3.      Agama yang berkembang pesat di Kerajaan Kalingga adalah…

A.    Buddha Tantrayana

B.     Buddha Mahayana

C.     Buddha Hinayana

D.    Hindu Syiwa

E.     Hindu Wisnu

4.      Tepi Sungai Mahakam dipilih sebagai pusat Kerajaan Kutai karena…

A.    Sungai Mahakam memiliki potensi alam yang menjanjikan

B.     Masyarakat Kutai bermukim di tepi Sungai Mahakam

C.     Sungai Mahakam merupakan Sungai suci bagi masyarakat Kutai

D.    Sungai Mahakam menjadi salah satu jalur pelayaran Internasional

E.     Aktivitas perdagangan masyarakat Kutai berlangsung di Sungai Mahakam

 

 

5.      Usaha Ken Arok untuk mendirikan Kerajaan Singasari diceritakan dalam kitab…

A.     Sutasoma

B.     Pararaton

C.     Lubdhaka

D.    Bharatayuda

E.     Negarakertagama

6.      Perhatikan wilayah di bawah ini!

1)      Surabaya

2)      Rembang

3)      Pasuruan

4)      Kediri

5)      Madiun

6)      Daha

Wilayah kekuasaan Kerajaan Panjalu ditunjukkan oleh nomor…

A.    1), 2), dan 3)

B.     1), 3), dan 4)

C.     2), 3), dan 4)

D.    3), 4) dan 5)

E.     4), 5) dan 6)

7.      Beberapa ahli telah mencetuskan teori yang menjelaskan proses masuk dan berkembangnya Hindu-Budha di Indonesia, salah satunya teori Sudra. Teori Sudra tentang proses masuknya Hindu ke Indonesia memiliki kelemahan, yaitu…

A.    Tidak ada bukti prndukung teori tersebut

B.     Kaum Sudra orang yang sangat miskin

C.     Tidak ada satu pun kitab yang menyebutnya

D.    Indonesia terlalu jauh untuk dijangkau

E.     Sulitnya komunikasi dalam bahasa Sansekerta

 

8.      Agama Buddha aliran Mahayana mempunyai banyak pengikut karena dipengaruhi faktor…

A.    Penyebaran yang mudah dan tidak memaksa pemeluk agama

B.     Syarat masuk aliran Mahayana tidak memerlukan biaya

C.     Berhubungan langsung dengan objek sejarah dalam agama Buddha

D.    Aliran Mahayana disebarkan secara menyeluruh dalam setiap lapisan masyarakat.

E.     Aliran Mahayana bersifat terbuka dan mengajarkan untuk saling tolong-menolong untuk mencapai nirwana

9.      Kehidupan perekonomian Kerajaaan Mataram Kuno bertumpu pada sector pertanian karena…

A.    Raja Mataram kurang menaruh perhatian pada perkembangan sector perdaganngan

B.     Mataram memiliki wilayah yang sulit dijangkau oleh pelayaran maritime

C.     Bhumi Mataram terletak di wilayah pedalaman Jawa Tengan

D.    Bhumi Mataram memiliki kondisi tanah yang subur

E.     Aktivitas perdagangan di Mataram sulit dilakukan

10.  Dinasti Warmadewa di Buleleng mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan…

A.    Sri Kesari Warmadewa

B.     Udayana Warmadewa

C.     Marakatapangkaja

D.    Anak Wungsu

E.     Sri Ugrasena

Materi sejarah

Materi Sejarah Kelas 12 IPS Semester 1 BAB 4 BAB 4 PERKEMBANGAN POLITIK DAN EKONOMI INDONESIA  DALAM UPAYA MENGISI KEMERDEKAAN DEMOKRASI LIB...