Minggu, 09 November 2014

RPP K13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                           : Sejarah Peminatan
Kelas/Semester                          : XI/Ganjil
Materi Pokok                             :  Kerajaan-Kerajaan Besar Indonesia pada Masa Kekuasaan Hindu-Buddha dan Islam
Alokasi Waktu                           :  4 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit  

A.  Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan  pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar
1.1    Menghayati nilai-nilai peradaban dunia  yang  menghargai perbedaan  sebagai karunia Tuhan yang Maha Esa
2.1    Mengembangkan sikap jujur, rasa ingin tahu, tanggung jawab, peduli,  santun, cinta damai dalam  mempelajari  peristiwa sejarah sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.2    Menunjukan sikap cinta tanah air, nilai-nilai rela berkorban dan kerja sama  yang dicontohkan para pemimpin pada masa pergerakan nasional, meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
3.1    Menganalisis sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan  masyarakat Indonesia pada masa  kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada  kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
Indikator
3.1.1        Mendeskripsikan munculnya negara-negara kerajaan Hindhu-Buddha di Indonesia.
3.1.2        Mendeskripsikan perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
3.1.3        Mendeskripsikan sistem dan struktur sosial, ekonomi (perdagangan, tenaga kerja, penguasaan tanah, pajak, dan transportasi) masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha.
3.1.4        Membandingkan struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah.
3.1.5        Menganalisis faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan - kerajaan bercorak Hindu-Buddha.
3.1.6        Mendeskripsikan keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha di dalam masyarakat di daerah-daerah tertentu setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha.
                                   
3.2    Menganalisis sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa  kerajaan-kerajaan besar Islam di Indonesia yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
Indikator
3.2.1        Mendeskripsikan proses dan latar belakang munculnya kerajaan Islam pertama di Indonesia muncul di ujung utara Pulau Sumatera.
3.2.2        Membedakan konsep kekuasaan di kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan-kerajaan bercorak Islam .
3.2.3        Mendeskripsikan struktur birokrasi,  hubungan pusat-daerah, dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam.

4.1    Menyajikan warisan sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan  masyarakat Indonesia pada masa  kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada  kehidupan masyarakat Indonesia masa kini, dalam bentuk tulisan dan media lain.
Indikator
4.1.1        Membuat laporan tertulis hasil analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

4.2    Menyajikan  hasil identifikasi warisan sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa  kerajaan-kerajaan besar Islam di Indonesia yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini, dalam bentuk tulisan dan media lain.
Indikator
4.2.1        Membuat laporan tertulis hasil analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

C.  Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik dapat :
1.      Bekerjasama, konsisten, disiplin, rasa percaya diri, dan  toleransi dalam  perbedaan strategi berpikir  dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah dalam pelajaran
2.      Berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
3.      Bersikap tanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan dalam belajar
4.      Mendeskripsikan munculnya negara-negara kerajaan Hindhu-Buddha di Indonesia.
5.      Mendeskripsikan perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
6.      Mendeskripsikan sistem dan struktur sosial, ekonomi (perdagangan, tenaga kerja, penguasaan tanah, pajak, dan transportasi) masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha.
7.      Membandingkan struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah.
8.      Menganalisis faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan - kerajaan bercorak Hindu-Buddha.
9.      Mendeskripsikan keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha di dalam masyarakat di daerah-daerah tertentu setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha.
10.  Mendeskripsikan proses dan latar belakang munculnya kerajaan Islam pertama di Indonesia muncul di ujung utara Pulau Sumatera.
11.  Membedakan konsep kekuasaan di kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan-kerajaan bercorak Islam .
12.  Mendeskripsikan struktur birokrasi,  hubungan pusat-daerah, dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam.
13.  Membuat laporan tertulis hasil analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
14.  Membuat laporan tertulis hasil analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

D. Materi Pembelajaran
Kerajaan :
1.      Kutai
2.      Medang Kemulan
3.      Tarumanegara
4.      Kediri
5.      Holing
6.      Singasari
7.      Melayu
8.      Bali
9.      Sriwijaya
10.  Pajajaran
11.  Mataram Kuno
12.  Majapahit
13.  Tradisi Hindu-Buddha
14.  Samudra Pasai
15.  Malaka
16.  Aceh Darussalam
17.  Demak
18.  Banten
19.  Mataram Islam
20.  Gowa dan Tallo

Konsep
·         Sosial, ekonomi (perdagangan, tenaga kerja, penguasaan tanah, pajak, dan transportasi) masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha
·         Konsep kekuasaan di kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan-kerajaan bercorak Islam

Prinsip
·         Perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
·         Sistem dan struktur sosial, ekonomi (perdagangan, tenaga kerja, penguasaan tanah, pajak, dan transportasi) masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha
·         Struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah
·         Faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan - kerajaan bercorak Hindu-Buddha
·         Struktur birokrasi,  hubungan pusat-daerah, dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam

Prosedur
·         Keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha di dalam masyarakat di daerah-daerah tertentu setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha
·         Proses dan latar belakang munculnya kerajaan Islam pertama di Indonesia muncul di ujung utara Pulau Sumatera.

Kerajaan-Kerajaan Besar Indonesia pada Masa Kekuasaan Hindu-Buddha dan Islam
·      Sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
·      Sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam di Indonesia yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat


E.   Metode Pembelajaran
Pendekatan                    : Scientific Learning
Model Pembelajaran      : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem 
                                        Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)/projek

F.   Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø  Media :
Ø  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø  Lembar penilaian

Alat/Bahan :
Ø  Penggaris, spidol, papan tulis
Ø  Laptop & infocus

Sumber Belajar :                                                                                                
Ø  Buku Sejarah Wajib Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2013
Ø  e-dukasi.net

G.  Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
Waktu
Ø Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o    Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o   Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya, yaitu :
Materi Sejarah Peminatan kelas X
Peradaban awal masyarakat Romawi, Yunani,  Kreta, Inka dalam bidang iptek, pemerintahan, kepercayaan dan budaya
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
o   Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan.
o   Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15 menit
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o  Melihat (tanpa atau dengan alat)
o  Mengamati
o  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
o  Mendengar
o  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Menanya
o  Mengajukan pertanyaan tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o  Menggunakan alat dan bahan (ekxperiment),
o  Mengamati obyek/kejadian,
o  Mendemontrasikan tentang 
o  Memperagakan
o  Mengumpulkan informasi
tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
o  Aktivitas
o  Wawancara dengan nara sumber
o  Membaca sumber lain selain buku teks,
tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
o  Mendiskusikan
tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
o  Mengulang
o  Mempresentasikan ulang
o  Saling tukar informasi tentang  :
munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengasosiasikan
o  Berdiskusi tentang data tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
o  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan :
tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha,.antara lain tentang :

Mengkomunikasikan
o   Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
o   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
o   Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o   Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
o   Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
o   Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
o   Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
o   Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
150
menit
Ø Penutup
Peserta didik :
o   Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
o   Mengagendakan pekerjaan rumah.
o   Mengagendakan materi yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
o   Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
o   Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
15
menit
2. Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit )
Waktu
Ø Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o    Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o   Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya, yaitu tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
o   Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan.
o   Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15 menit
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o  Melihat (tanpa atau dengan alat)
o  Mengamati
o  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
o  Mendengar
o  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Menanya
o  Mengajukan pertanyaan tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o  Menggunakan alat dan bahan (ekxperiment),
o  Mengamati obyek/kejadian,
o  Mendemontrasikan tentang 
o  Memperagakan
o  Mengumpulkan informasi
tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
o  Aktivitas
o  Wawancara dengan nara sumber
o  Membaca sumber lain selain buku teks,
tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
o  Mendiskusikan
tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
o  Mengulang
o  Mempresentasikan ulang
o  Saling tukar informasi tentang  :
struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengasosiasikan
o  Berdiskusi tentang data tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
o  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan : tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha, antara lain tentang :

Mengkomunikasikan
o   Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
o   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
o   Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o   Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
o   Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
o   Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
o   Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
o   Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
150
menit
Ø Penutup
Peserta didik :
o   Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
o   Mengagendakan pekerjaan rumah.
o   Mengagendakan materi yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
o   Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
o   Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
15
menit
3. Pertemuan Ke-3 ( 4 x 45 menit )
Waktu
Ø Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o    Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o   Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya, yaitu tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
o   Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan.
o   Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15 menit
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o  Melihat (tanpa atau dengan alat)
o  Mengamati
o  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
o  Mendengar
o  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Menanya
o  Mengajukan pertanyaan tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o  Menggunakan alat dan bahan (ekxperiment),
o  Mengamati obyek/kejadian,
o  Mendemontrasikan tentang 
o  Memperagakan
o  Mengumpulkan informasi
tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
o  Aktivitas
o  Wawancara dengan nara sumber
o  Membaca sumber lain selain buku teks,
tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
o  Mendiskusikan
tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
o  Mengulang
o  Mempresentasikan ulang
o  Saling tukar informasi tentang  :
latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengasosiasikan
o  Berdiskusi tentang data tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
o  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai, antara lain tentang :

Mengkomunikasikan
o   Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
o   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
o   Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o   Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
o   Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
o   Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
o   Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
o   Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
150
menit
Ø Penutup
Peserta didik :
o   Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
o   Mengagendakan pekerjaan rumah.
o   Mengagendakan materi yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
o   Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
o   Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
15
menit
4. Pertemuan Ke-4 ( 4 x 45 menit )
Waktu
Ø Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o    Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o   Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya, yaitu tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
o   Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan.
o   Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·         Memberitahukan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
·         Pembagian kelompok belajar
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15 menit
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o  Melihat (tanpa atau dengan alat)
o  Mengamati
o  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram
o  Mendengar
o  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.

Menanya
o  Mengajukan pertanyaan tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :

Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o  Menggunakan alat dan bahan (ekxperiment),
o  Mengamati obyek/kejadian,
o  Mendemontrasikan tentang 
o  Memperagakan
o  Mengumpulkan informasi
tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram
o  Aktivitas
o  Wawancara dengan nara sumber
o  Membaca sumber lain selain buku teks,
tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram
o  Mendiskusikan
o  Mengulang
o  Mempresentasikan ulang
o  Saling tukar informasi tentang  :
konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengasosiasikan
o  Berdiskusi tentang data tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
o  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram, antara lain tentang :

Mengkomunikasikan
o   Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
o   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram
o   Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o   Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
o   Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram
o   Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
o   Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
o   Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
150
menit
Ø Penutup
Peserta didik :
o   Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
o   Mengagendakan pekerjaan rumah.
o   Mengagendakan materi yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
o   Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan soal dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian portofolio.
o   Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
15
menit

H. Penilaian
1.      Jenis/teknik Penilaian:
a.       Sikap
-        Penilaian Diri
-        Penilaian Jurnal
-        Penilaian Observasi
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan
-        Penilaian Teman Sebaya
b.      Pengetahuan
-        Penugasan
Membuat laporan tertulis hasil analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
-        Tes Lisan
-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
c.       Keterampilan
-        Penilaian Portofolio
Menilai laporan tertulis hasil analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
-        Penilaian Proyek
-        Penilaian Unjuk Kerja
2.      Bentuk Instrumen dan instrument
3.      Pedoman Penskoran

Jenis/Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
dan Instrumen
Pedoman Penskoran
a.       Sikap
Diri
terlampir
terlampir

Jurnal
terlampir
terlampir

Observasi
terlampir
terlampir

Teman Sebaya
terlampir
terlampir
b.       Pengetahuan
Penugasan
terlampir
terlampir

Tes Lisan
terlampir
terlampir

Tertulis Uraian dan atau PG
terlampir
terlampir
c.        Keterampilan
Portofolio
terlampir
terlampir

Proyek
terlampir
terlampir

Unjuk Kerja
terlampir
terlampir


                                                                                                   Jakarta, 14 Juli 2013

Mengetahui
Kepala SMAN ………….                                    Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       …………………………………….
NIP/NRK.                                                            NIP/NRK.

Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar